Gonjang-Ganjing Soal Pekerja Asing, Ganip Warsito Tinjau Wisma Atlet di Pademangan, Jakarta Utara, Pastikan Proses Karantina Pekerja Migran Indonesia Aman

Gonjang-Ganjing Soal Pekerja Asing, Ganip Warsito Tinjau Wisma Atlet di Pademangan, Jakarta Utara, Pastikan Proses Karantina Pekerja Migran Indonesia Aman

Ketua Satgas Covid-19, Ganip Warsito Tinjau Wisma Atlet Terkait Karantina PMI--Trendingnews.id


Ketua Satgas Covid-19, Ganip Warsito Tinjau Wisma Atlet Terkait Karantina PMI||Trendingnews.id

TRENDINGNEWS.ID - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Letjen TNI Ganip Warsito melakukan peninjauan pelaksanaan karantina kesehatan di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Utara, Minggu 04 Juli 2021. 

Hal itu dilakukan guna memastikan segala proses karantina repatriasi para Pekerja Migran Indonesia (PMI) berjalan sesuai prosedur yang ditetapkan.

Selain itu, Ganip yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus mengecek kesiapan para personel Satgas Karantina PMI.

Tak ketinggalan, ikut dicek adalah sarana dan prasarana dalam rangka pemberlakuan ketentuan baru perjalanan internasional selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, demi memutus rantai penyebaran COVID-19 di Tanah Air.

(BACA JUGA:Kabar Gembira! Kemenkes Berikan Obat dan Vitamin Bagi Pasien Covid-19 yang Sedang Isoma Secara Gratis, Cek Syarat dan Ketentuannya di Sini! )

Ditambah lagi, Ganip ingin meninjau pelaku perjalanan internasional lainnya dapat berjalan sesuai standar prosedur operasional yang telah ditentukan.

“Tujuan sidak untuk memastikan proses karantina PMI, perjalanan internasional dan kesiapan satgas,” jelas Ganip.

Pada kesempatan tersebut, Ganip juga menyempatkan diri untuk berbincang dengan beberapa personel dan pekerja migran yang telah selesai melakukan karantina.

Dari percakapan itu, Ganip juga bermaksud menyerap aspirasi langsung di lapangan yang kemudian dapat digunakan sebagai monitoring dan evaluasi pelaksanaan kekarantinaan dengan tujuan menyelamatkan dan melindungi segenap warga negera.

(BACA JUGA:Sinopsis Ikatan Cinta Senin 5 Juli 2021, Akhirnya Kejahatan Elsa Terbongkar, Al dan Andin Jebloskan ke Penjara si Pembunuh Roy, Mimpi Mamah Sarah Terwujud?)

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Pademangan per Minggu 4 Juli 2021, ada sebanyak 3.594 Pekerja Migran Indonesia yang tiba di Tanah Air dari luar negeri yang tengan menjalani karantina.

Jumlah tersebut telah berkurang dua orang dibanding hari sebelumnya yakni 3.596.

Adapun rinciannya adalah 1.507 laki-laki dan 2.087 perempuan. Saat ini mereka menempati tower 9 dan 10 Wisma Atlet Pademangan.

Usai melakukan peninjauan pelaksanaan karantina di Wisma Atlet Pademangan, Ganip melanjutkan kegiatan pemantauan kegiatan Satgas Repatriasi PMI di Bandara Soekarno-Hatta dan hotel yang ditunjuk pemerintah sebagai tempat karantina sementara para PMI dan pelaku perjalanan internasional.

 

Sumber: berbagai sumber