Pede! Megawati Klaim Banyak Pensiunan Jenderal yang Ingin Gabung PDIP

Pede! Megawati Klaim Banyak Pensiunan Jenderal yang Ingin Gabung PDIP

Sumber: Kompas.com--

JAKARTA - TRENDINGNEWS.ID - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, menyatakan bahwa partainya saat ini diminati oleh banyak purnawirawan.
 
Mega menyebut para jenderal itu ingin bergabung dengan partai binaannya. Hal ini disampaikan oleh Megawati dalam sambutannya di Gedung Lemhanas pada tanggal 20 Mei 2023.
 
Megawati mengungkapkan bahwa ia memiliki kedekatan dengan keluarga dari Gubernur Lemhanas, Andi Widjajanto, dan mengenalnya sejak kecil. Ayah Andi, Mayor Jenderal TNI Purn Theo Syafei, merupakan salah satu dari sedikit jenderal yang bergabung dengan PDIP.
 
“Saya kenal beliau dari kecil," kata Megawati di Gedung Lemhanas, Jakarta, Sabtu (20/5) kemarin.
 
 
 
Megawati menyatakan, seiring berjalannya waktu, PDIP menjadi partai yang menarik perhatian banyak orang, termasuk jenderal-jenderal yang ingin bergabung dengan partai berlambang banteng tersebut. Banyak jenderal, kata dia, yang ingin bergabung dengan PDIP saat ini.
 
“Tapi kalau sekarang banyak banget loh, jenderal yang mau masuk ke PDIP,” kelakarnya.
 
Sebagai informasi, beberapa partai politik di Indonesia memang diisi oleh purnawirawan jenderal baik dari TNI maupun Polri, termasuk PDIP.
 
Pada pendaftaran bakal calon legislatif untuk Pemilu 2024, PDIP mendaftarkan sejumlah nama purnawirawan jenderal TNI dan Polri.
 
 
 
Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, sebelumnya mengungkapkan bahwa ada 17 bakal calon legislatif yang berasal dari kalangan purnawirawan jenderal TNI-Polri.
 
Di antara mereka, ada beberapa nama seperti Mayjen Purnawirawan TB Hasanuddin, Mayjen TNI (Purn) Sturman Panjaitan, mantan Kepala BNPB Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito, Laksamana Muda TNI (Purn) Yuhastihar, mantan Sekjen Kemhan Laksamana Madya TNI (Purn) Agus Setiadji.
 
Selain itu, terdapat nama-nama seperti Mayjen TNI Marinir (Purn) Frederikus Saud Tambatua, Mayjen TNI (Purn) Andi Gunawan Pakki, dan Letnan Jenderal TNI (Purn) Joppye Onesimus Wayangkau.
 
Dari unsur Polri, terdapat nama Irjen Pol (Purn) Maruli Wagner Damanik dan Brigjen Pol (Purn) Wagiman. Selain itu, ada dua nama petahana, yaitu Irjen Pol (Purn) Safaruddin dan Komjen Pol (Purn) Muhamad Nurdin yang maju kembali.

Sumber: