Bantuan Tunai PKL dan Warung Rp1, 2 Juta Resmi Diluncurkan Pemerintah, Begini Syarat

Bantuan Tunai PKL dan Warung Rp1, 2 Juta Resmi Diluncurkan Pemerintah, Begini Syarat

Airlangga Hartarto menteri Perekonomian-Instagram-

BACA JUGA:Gilang Dirga Ungkapkan Hal Mengejutkan Usai Undang Saipul Jamil di Youtube

Menurut Airlangga, bantuan untuk sektor usaha mikro dengan pagu sebesar Rp1,2 triliun ini akan disalurkan bagi 1 juta pelaku usaha mikro diseluruh Indonesia.

"Masing-masing akan mendapatkan Rp1,2 juta," tegasnya.

Kota Medan di Provinsi Sumatera Utara sendiri menjadi kota pertama yang akan menerima bantuan BTPKLW dikarenakan peran strategis Medan sebagai episentrum perekonomian di pulau Sumatera.

BACA JUGA:Video Viral Perjuangan Badut Bergelut Dengan Hujan Demi Nafkahi Keluarga: Sudah Mengeluh Apa Hari Ini?

Sementara itu, Pemerintah menugaskan TNI dan POLRI untuk melakukan pendataan dan menyalurkan bantuan tersebut langsung ke masyarakat.

Penyaluran bantuan oleh TNI dan Polri ini dilakukan melalui sistem aplikasi yang mengedepankan prinsip transparansi dan akuntabilitas.

Dikatakan Airlangga, Pemerintah telah melakukan refocusing APBN dan meningkatkan anggaran Program PEN 2021 menjadi sebesar Rp744,77 triliun yang difokuskan untuk penanganan aspek kesehatan dan serangkaian program perlindungan sosial.

BACA JUGA:Jokowi Wajib Evaluasi Yasonna Laoly Atas Kebakaran di Lapas Kelas 1 Tangerang

“Dengan persiapan seluruh regulasi dan anggarannya, alhamdulillah hari ini bisa di ujicoba di kota Medan. Dan ini disediakan untuk satu juta paket, sebanyak Rp1,2 juta. Selanjutnya tentu ini bisa diteruskan oleh TNI-Polri di berbagai wilayah," ujarnya.

+++++

"Operasi dilapangannya oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas, dan diharapkan ini menjadi bantalan bagi mereka yang terkena dampak untuk modal hidup dan modal kerja usaha mereka masing-masing,” tutup Menko Airlangga.

Sumber: