Menuju Piala Dunia 2030, Arab Saudi Siap Gandeng Juara Euro Jadi Tuan Rumah

Menuju Piala Dunia 2030, Arab Saudi Siap Gandeng Juara Euro Jadi Tuan Rumah

Tuan rumah Piala Dunia 2030, Arab Saudi Siap Gandeng Italia--https://theconversation.com/


Tuan rumah Piala Dunia 2030, Arab Saudi Siap Gandeng Italia||https://theconversation.com/

TRENDINGNEWS.ID - Kabar mengejutkan datang dari Arab Saudi yang dikabarkan menggandeng Italia untuk maju menjadi calon tuan rumah turnamen Piala Dunia 2030 mendatang.

Sebelumnya, presiden FIGC Gabriele Gravina sudah menyatakan ambisinya untuk mengajukan Italia menjadi calon tuan rumah Euro 2028 atau Piala Dunia 2030, menyusul kesuksesan Gli Azzurri menjadi juara Euro 2020.

Hal itu disampaikan Presiden FIGC Gabriele Gravina dalam jumpa pers, Kamis 15 Juli 2021 kemarin, selepas rapat dewan perdana seusai Italia menjadi juara Piala Eropa 2020.

BACA JUGA:Kesal Akun Medsosnya Diblokir, Donald Trump Ajukan Gugatan Ke Twitter, Facebook dan YouTube

"Kami akan mengevaluasi opsi menjadi tuan rumah Piala Eropa 2028 atau Piala Dunia 2030, yang akan bertepatan dengan peringatan seabad turnamen paling bergengsi sedunia itu," kata Gravina sebagaimana dikutip dari laman resmi FIGC.

Ia lantas mengajak, "Mari mengajukan pencalonan tuan rumah Piala Eropa terlebih dahulu, sesudahnya kita pikirkan turnamen yang berikutnya."

Guna mewujudkan rencana tersebut, Gravina menyebut Italia perlu menempuh langkah serius dengan mengucurkan dana untuk perbaikan kondisi stadion di negara itu terlebih dahulu.

BACA JUGA:Sikapi Konflik Israel-Palestina, Recep Tayyip Erdogan Kritik Amerika dan Austria Gegara Lakukan Hal ini?

Gravina juga mengungkapkan kesuksesan Italia di atas lapangan dibarengi dengan tambahan pemasukan FIGC berkat tiga pertandingan Grup A dan satu laga perempat final Piala Eropa 2020 yang dimainkan di Stadion Olimpico, Roma.

"Berkat Piala Eropa, FIGC mengumpulkan 28,25 juta euro. Ditambah pendapatan dari kesepakatan komersial, secara keseluruhan ada tambahan pemasukan sekira 36 juta euro bagi FIGC," katanya.

Bila maju dalam pencalonan tuan rumah Piala Eropa 2028, Italia bakal bersaing dengan Turki yang sudah menyatakan pencalonan serta Romania-Yunani-Bulgaria-Serbia yang mengajukan sebagai tuan rumah bersama.

BACA JUGA:Gedung Al Jalaa Ikut Jadi Target Dihancurkan Israel, CEO AP Menduga Ada Upaya Membungkam Media?

Untuk Piala Dunia 2030, selain Romania-Yunani-Bulgaria-Serbia, terdapat juga Spanyol-Portugal, Uruguay-Argentina-Cile-Paraguay, dan Maroko.

Baru-baru ini, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson sempat mengungkapkan dukungan atas wacana pencalonan Britania Raya dan Rep Irlandia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030.

 

Sumber: berbagai sumber