Sukses Atasi Teror Masjid dan COVID, Mantan PM Selandia Baru Terima Penghargaan

Sukses Atasi Teror Masjid dan COVID, Mantan PM Selandia Baru Terima Penghargaan

Mantan PM Selandia Baru, Jacinda Ardern--

JAKARTA. TRENDINGNEWS.ID - Mantan Perdana Menteri Jacinda Ardern pada Senin dianugerahi salah satu penghargaan tertinggi Selandia Baru atas upayanya menangani teror di dua masjid Christchurch, krisis COVID-19, dan dampak letusan gunung berapi White Island.

Ardern dianugerahi gelar Dame Grand Companion, penghargaan tertinggi kedua di Selandia Baru, pada ulang tahun Raja Charles yang dirayakan oleh negara tersebut pada 5 Juni.

Ardern masuk dalam daftar penghargaan setelah dipilih oleh Perdana Menteri Selandia Baru dan kemudian disetujui oleh Raja Inggris.

Perdana Menteri Selandia Baru Chris Hipkins mengatakan negara mengakui pengabdian Ardern dalam menghadapi beberapa tantangan terbesar yang dihadapi Selandia Baru akhir-akhir ini.

"Ia mampu memimpin Selandia Baru dalam serangan teroris 2019 dan pandemi COVID-19. Itu adalah periode yang berat baginya. Saya melihat secara langsung komitmennya terhadap Selandia Baru", ujar Hipkins.

Ardern, yang memulai masa jabatannya pada tahun 2017, mengumumkan pengunduran dirinya pada bulan Januari yang membuat terkejut banyak orang, menyatakan bahwa dia tidak lagi merasa mampu memimpin Selandia Baru.

Dia mengungkapkan rasa terhormat yang sangat besar atas penghargaan yang diberikan kepadanya. Namun, dia mengakui bahwa dia sempat ragu apakah akan menerima penghargaan tersebut, karena dia melihat semua upayanya sebagai hasil dari kerja sama banyak pihak, bukan hanya dirinya sendiri.

"Jadi bagi saya, ini adalah cara untuk mengucapkan terima kasih ---kepada keluarga, rekan-rekan saya, dan orang-orang yang mendukung saya untuk mengambil peran yang paling menantang dan bermanfaat dalam hidup saya", ucapnya.

Sumber: reuters