Tips Menjaga Mata agar Aman Terhadap Sinar UV

Tips Menjaga Mata agar Aman Terhadap Sinar UV

Ilustrasi seorang pria menggunakan kacamata di siang hari--Freepik

JAKARTA. TRENDINGNEWS.ID - Kita tahu manfaat dan pentingnya sunscreen untuk kulit kita tapi kita tidak tahu menjaga mata kita dari panas sama pentingnya menjaga kulit kita dari panas matahari.

Menurut World Health Organization (WHO), dimana ada 15 Juta penduduk dunia yang buta karena katarak dan lebh dari 10 persen individu kondisi mereka disebabkan oleh sinar ultraviolet.

Berikut adalah tips menjaga mata kita dari sinar UV seperti dilansir dari cnet.com, Sabtu, (03/06).

Gunakanlah Kacamata

Salah satu cara mudah dan juga bisa bergaya untuk menjaga mata kita saat siang hari. Ketika tidak terjaga, mata kita akan terpapar oleh beragam jenis sinar ultraviolet yang dapat meningkatkan resiko terkena fotokeratitis dan katarak.

Pertimbangkan Memakai Lensa Polarisasi

Lensa polarisasi dirancang dengan bahan kimia khusus yang menyaring lebih banyak cahaya dibandingkan dengan kacamata hitam yang lain. Mereka juga mengurangi silau dari permukaan yang memantul seperti air dan salju, sehingga merupakan pilihan yang baik jika kita menghabiskan banyak waktu di luar.

Pilih Warna Lensa yang Tepat

Meskipun kelihatannya lensa gelap akan memberikan perlindungan lebih baik dari sinar UV, sebenarnya hal sebaliknya. Lensa yang sangat gelap memaksa pupil kita untuk membuka lebih lebar, memungkinkan lebih banyak sinar matahari masuk ke mata kita. Sebagai gantinya, pilihlah lensa berwarna abu-abu atau berwarna asap untuk mendapatkan perlindungan matahari yang maksimal.

 

Sumber: