Staf Pelatih dan Pemain Timnas Thailand yang Merusuh di Final Sea Games 2023 Resmi Dapat Hukuman

Staf Pelatih dan Pemain Timnas Thailand yang Merusuh di Final Sea Games 2023 Resmi Dapat Hukuman

Foto: AFP/Mohd Rasfan--

JAKARTA, TRENDINGNEWS.ID - Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) secara resmi mengumumkan hukuman bagi pemain dan staf pelatih yang terlibat dalam insiden keributan pada pertandingan final SEA Games 2023 melawan Timnas Indonesia U-22.
 
Menurut laporan dari media Thailand, Thai League Central, FAT memberikan sanksi kepada tiga asisten pelatih dan dua pemain Gajah Perang yang terlibat dalam aksi yang tidak terpuji tersebut.
 
Tiga staf pelatih dilarang terlibat dalam aktivitas Timnas Thailand selama satu tahun, sedangkan dua pemain, Soponwit Rakyart dan Thirapak Prueangna, dijatuhi hukuman diskors selama enam bulan.
 
Dalam pernyataan resmi yang diberikan oleh Thai League Central, Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) telah mengumumkan bahwa tiga asisten pelatih Timnas Thailand U-22 yang terlibat dalam keributan pada final SEA Games 2023 akan dikenai sanksi larangan selama satu tahun.
 
"FA Thailand telah melarang tiga staf pelatih Timnas Thailand U-22 yang terlibat dalam tawuran di final SEA Games 2023 selama setahun," bunyi keterangan Thai League Central.
 
Selain itu, dua pemain Timnas Thailand U-22, yakni Soponwit Rakyart dan Thirapak Prueangna, juga akan dilarang bermain untuk tim nasional selama enam bulan. Demikianlah informasi yang disampaikan oleh Thai League Central mengenai hukuman yang diberikan oleh FAT terkait insiden tersebut.
 
"Selain itu, dua pemain Thailand U-22 yaitu Soponwit Rakyart dan Thirapak Prueangna diskors dari tugas Timnas selama enam bulan," imbuhnya.
 
Pertandingan final antara Timnas Indonesia U-22 dan Thailand pada SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, pada hari Selasa, 16 Mei 2023, berlangsung sangat dramatis.
 
Terjadi keributan antara pemain dan ofisial kedua tim saat babak perpanjangan waktu, terutama setelah Irfan Jauhari mencetak gol yang membuat Indonesia unggul 3-2.
 
Pemain dan ofisial dari kedua tim terlibat dalam kejadian saling serang di sisi lapangan. Wasit akhirnya memberikan kartu merah kepada pemain Timnas Indonesia U-22 dan Thailand, serta ofisial dari kedua tim.
 
Tindakan keamanan pun diperlukan untuk menghentikan keributan tersebut. Beruntungnya, pertandingan dapat dilanjutkan setelah insiden tersebut.
 
Timnas Indonesia U-22 berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan Thailand dengan skor 5-2 dalam pertandingan perebutan medali emas SEA Games 2023.

Sumber: