Pendaftaran Beasiswa ADiK 2023 Resmi Dibuka, Cek Persyaratannya di Sini!

Pendaftaran Beasiswa ADiK 2023 Resmi Dibuka, Cek Persyaratannya di Sini!

pendafataran beasiswa ADiK-ilustrasi-Pixabay

JAKARTA, TRENDINGNEWS.ID - Pendaftaran beasiswa Afimasi Pendidikan Tinggi (ADiK) 2023 telah resmi dibuka hingga 19 Juni 2023 mendatang.

Sebagai informasi, Beasiswa ADiK adalah salah satu intevensi kebijakan pendidikan yang bersifat afirmasi dari pemerintah untuk mahasiswa di perguruan tinggi.

Pendaftaran beasiswa ADiK bisa dilakukan melalui laman https://adik.kemdikbud.go.id/sim/.

BACA JUGA:Bukan Dipanggil, Gibran Tawarkan Diri Menghadap DPP PDIP

Lalu, apa saja ya persyaratannya untuk mendaftar beasiswa ADiK? Yuk intip syaratnya!

1. Warga negara Indonesia yang merupakan siswa SMA, SMK atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 1 (satu) tahun sebelumnya. 

2. Terdaftar pada SIM ADik dengan kelengkapan data: Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). 

3. Berasal dari daerah terdepan, terluar, tertinggal (3T); atau Orang Asli Papua (OAP) sesuai dengan UU Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua atau anak TKI. 

BACA JUGA:Cantik! Raline Shah Tampil Memukau Pakai Kebaya di Acara The 76th Cannes Film Festival 2023

4. Lulus seleksi pada semua jalur penerimaan mahasiswa baru di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, serta dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C atau Lulus Tes Seleksi ADik (berbasis dokumen hasil akademik dan non akademik /raport) dengan ketentuan PT tujuan berikut: 

-Calon penerima dari daerah 3T dan anak TKI dapat memilih PT di dalam maupun di luar provinsi. 

-Calon penerima dari Wilayah Papua harus memilih PT di luar Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Barat Daya.

Perlu diketahui, selama proses beasiswa ADiK berjalan tidak ada pemungutan biaya apapun.

Sumber: