Terus-menerus Diwarisi Utang, JK Bongkar Cicilan Utang Indonesia Tembus Rp1000 Triliun Per Tahun

Terus-menerus Diwarisi Utang, JK Bongkar Cicilan Utang Indonesia Tembus Rp1000 Triliun Per Tahun

Jusuf Kalla.-Foto: Disway-

JAKARTA, TRENDINGNEWS.ID - Wakil Presiden RI ke 10 dan 12, Jusuf Kalla alias JK, mengungkap fakta mengejutkan soal utang yang selama ini ditanggung oleh Indonesia. Ia menyebut, nominal utang negara saat ini kian menumpuk.

Meski tak menyebut secara detail terkait jumlahnya, namun JK menegaskan bahwa utang Indonesia sudah menyentuh angka Rp1000 triliun. Jumlah itu juga termasuk dengan bunga yang harus dibayarkan.

JK menjelaskan, beban utang yang ditanggung Indonesia itu merupakan gabungan dari utang-utang pemerintah terdahulu dengan pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Politisi senior Golkar ini pun menyebut bahwa Indonesia telah mencetak rekor pembayaran utang terbesar dalam sejarah Tanah Air.

"Setahun bayar utang dan bunga sampai seribu triliun. Ini terbesar dalam sejarah Indonesia sejak merdeka," ungkap Jusuf Kalla dalam pidato di Milad PKS ke-21 di Istora Senayan, Jakarta, dikutip Minggu, 21 Mei 2023.

BACA JUGA:Terus-menerus Diwarisi Utang, JK Bongkar Cicilan Utang Indonesia Tembus Rp1000 Triliun Per Tahun

BACA JUGA:Wilayah Kekuasaan Ganjar Jadi Provinsi Termiskin, Loyalis Anies Langsung Nyinyir: 'Kok Warga Masih Cinta Banteng?'

Untuk itu, Jusuf Kallah menegaskan bahwa rakyat memerlukan pemimpin yang mampu menciptakan inovasi baru dan melepas belenggu utang yang selalu menjadi persoalan di Indonesia.

"Kita diwariskan untuk membayar utang, tapi pahlawan yang sebenarnya adalah yang menyelesaikan persoalan dan pemberani yang sebenarnya adalah yang berani untuk tampil menyelesaikan persoalan bangsa ke depan," tegasnya.

Di sisi lain, Mantan Ketua Umum Partai Golkar ini mengakui jika UU membolehkan pemerintah melakukan utang 60 persen dari pendapatan nasional. Namun, JK tetap mengingatkan perlunya kehati-hatian terhadap peningkatan utang pemerintah.

Sumber: