Pimpin Pertemuan Menlu ASEAN-Rusia Secara Virtual, Retno Dorong Kerja Sama Produksi Vaksin dan Atasi Pandemi

Pimpin Pertemuan Menlu ASEAN-Rusia Secara Virtual, Retno Dorong Kerja Sama Produksi Vaksin dan Atasi Pandemi

Menlu Retno Marsudi, dorong kerjasama Asean-Rusia tangani pandemi covid-19--Ilustrasi by Pixabay


Menlu Retno Marsudi, dorong kerjasama Asean-Rusia tangani pandemi covid-19||Ilustrasi by Pixabay

TRENDINGNEWS - Pimpin Pertemuan Menlu ASEAN-Rusia Secara Virtual, Retno Dorong Kerja Sama Produksi Vaksin dan Atasi Pandemi

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno L.P. Marsudi dan Menlu Rusia, Sergey Lavrov telah memimpin bersama Pertemuan Khusus Tingkat Menteri ASEAN-Rusia yang dilaksanakan secara virtual pada 6 Juli 2021.

Pertemuan telah membahas kerja sama kemitraan strategis ASEAN dan Rusia yang tahun ini memasuki tahun ke-25.

Menlu RI juga mendorong penguatan kerja sama dalam sektor kesehatan, khususnya penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi.

“Kenaikan kasus COVID-19, kemunculan berbagai varian baru dan kesenjangan vaksinasi global merupakan pengingat bahwa ASEAN dan Rusia harus bekerjasama dengan lebih baik dalam menghadapi pandemi,” ujar Menlu RI dalam pidato pembukaannya.

(BACA JUGA:Terungkap! Guz Jazil Beberkan 3 Rahasia Kesuksesan Penerapan PPKM Darurat di Indonesia, Salah Satunya Mematuhi 5 M )

“Namun di sisi lain, upaya menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan tetap harus menjadi perhatian utama,” tambahnya.

Lebih lanjut, Menlu RI menyampaikan dua isu utama pada pertemuan, yakni Pertama, mengenai kerja sama penanganan pandemi.

Menlu RI mendorong Rusia untuk mendukung pemenuhan kebutuhan vaksin di kawasan melalui doses-sharing, memprioritaskan negara ASEAN sebagai penerima vaksin Rusia serta menjajaki kemungkinan joint-production dengan Negara Anggota ASEAN.

Menlu RI juga mengajak ASEAN dan Rusia untuk bersama-sama memperkuat dukungan terhadap COVAX Facility, negosiasi TRIPS Waiver serta keseteraan pengakuan terhadap vaksin.

(BACA JUGA:Innalillahi, Kamaruddin Askar Ketua IDI Bekasi Meninggal Dunia Hari ini Selasa 6 Juli 2021 Pasca Terpapar Covid-19, Tim Mitigasi IDI Sampaikan ini )

Selain itu, Menlu menegaskan pentingnya penguatan ketahanan kesehatan kawasan. Kolaborasi dengan Rusia diharapkan dapat meningkatkan kemandirian kawasan dalam industri kesehatan dan farmasi, penelitian serta penguatan sistem pencegahan dini kawasan.

“ASEAN-Rusia juga memiliki tanggung jawab untuk memperkuat WHO dan tatanan kesehatan global untuk mengantisipasi munculnya pandemi di masa mendatang,” tegas Menlu RI.

Sumber: berbagai sumber