Eh Jangan Dibuang! Ampas Kopi Ternyata Punya 6 Manfaat Tak Terduga ini, Salah Satunya untuk Perawatan Kulit lo!

Eh Jangan Dibuang! Ampas Kopi Ternyata Punya 6 Manfaat Tak Terduga ini, Salah Satunya untuk Perawatan Kulit lo!

Manfaat lain ampas kopi, dari kesehatan hingga penghilang bau--Popsci.com

3. Bisa jadi body scrub atau lulur tubuh

Kandungan di dalam kopi ternyata bisa membantu kulit semakin halus. Partikel kasar dan kandungan asam dari bubuk kopi berfungsi sebagai exfoliator yang sempurna untuk kulit, yang dapat menghilangkan kotoran dan sel-sel mati dikulit Anda.

Anda bisa membuat lulur kopi sendiri. Proses pembuatannya juga mudah dan tidak butuh alat yang sulit. Cukup campurkan ampas kopi dengan air atau minyak kelapa, lalu lulur sudah bisa digunakan.

+++++

4. Menyuburkan tanaman

Meskipun sudah menjadi ampas, nutrisi baik tadi tidak hilang begitu saja. Melainkan cocok sebagai sumber makanan baik cacing tanah.

(BACA JUGA:Siap-Siap, Polda Metro Jaya Akan Penjarakan Oknum Penjual Tabung Oksigen Nakal di Jakarta, Jangan Bandel! )

Cacing menyukai bubuk kopi. Hanya saja, jangan menambahkan terlalu banyak sekaligus karena keasaman kopi dapat mengganggu cacing.

Cukup tebar satu cangkir ampas kopi yang sudah kering setiap minggu pada permukaan tanah.

5. Menjaga Kulit Kaki Tetap Sehat

Memijat sekaligus membersihkan kaki dengan ampas kopi juga membantu melancarkan aliran darah ke kaki.

Aroma ampas kopi juga bisa menyingkirkan bau tak sedap pada kaki, utamanya saat Anda mengenakan kaus kaki sepanjang hari.

(BACA JUGA:Dukung PPKM Darurat, Anggota DPR RI Guspardi Gaus Minta Anies Baswedan Sosialisasikan STRP Secara Masif: Pastikan Situs JakEvo Tidak Bermasalah! )

6. Merangsang pertumbuhan rambut

Ampas kopi bisa digunakan untuk perawatan rambut loh. Bagaimana caranya ya? Campur ampas kopi dengan sedikit air hingga membentuk pasta, balurkan ke rambut dan pijat perlahan di kulit kepala. Tunggu satu jam lalu bilas dengan air bersih, lalu cuci bersih dengan shampoo.

Sumber: berbagai sumber