Asyik! Target Mulai Produksi di 2024, Smelter PT Freeport Indonesia di Gresik Siap Serap Ribuan Tenaga Kerja, Wapres: 11 Ribu Pekerja!

Asyik! Target Mulai Produksi di 2024, Smelter PT Freeport Indonesia di Gresik Siap Serap Ribuan Tenaga Kerja, Wapres: 11 Ribu Pekerja!

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin--

JAKARTA, TRENDINGNEWS.ID -- Kabar baik disampaikan Wakil Presiden: Ma'ruf Amin pasca kunjungan ke lokasi pembangunan pabrik pemurnian (smelter) pada Selasa 7 Februari 2023.

Smelter yang merupakan bagian dari PT Freeport Indonesia (PT FI) ini terletak di Kawasan Java Integrated Industrial Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur.

Wapres Ma'ruf Amin juga mengklaim smelter ini nantinya bakal menyerap ribuan tenaga kerja di daerah sekitar.

Selain itu, Wapres  juga menyebut kalau smelter ini merupakan salah satu program hilirisasi yang dicanangkan Pemerintah sesuai amanat dari Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009.

BACA JUGA:Nah Lo! Candaan Megawati Soal Kriteria Calon Mantu Dikritik Warganet, Gegara Sebut Tidak Mau 'Seperti Tukang Bakso'?

BACA JUGA:Terbaru! Dituding 'Menyakiti' Nathalie Holscher, Putri Delina Akhirnya Buka Suara Pasca IG-Nya Digeruduk Netizen?

Dalam UU tersebut, mengatur tentang Pertambangan Mineral dan Batubara adalah Pembangunan pabrik pemurnian produk-produk mineral alias smelter.

Wapres Ma'ruf optimis pada Mei 2024, pembangunan pabrik smelter single line terbesar di dunia itu dapat mulai beroperasi sesuai rencana untuk mengolah konsentrate produksi PT FI.

Usai mengunjungi lokasi pembangunan smelter,  Wapres Ma'ruf dalam Konferensi Pers mengatakan bahwa pabrik smelter ini merupakan bagian dari hilirisasi.

"Pemerintah dalam rangka mengembangkan industrinya melakukan hilirisasi, dan pembangunan smelter itu merupakan pelaksanaan dari hilirisasi, makanya tadi saya meninjau smelter PT Freeport Indonesia," terang Wapres.

BACA JUGA:Terungkap? Diam-Diam Marshanda Punya 'Impian Besar' pada Sosok ini, Anak Indigo: Semoga Bisa Terwujud Meski Berat!

BACA JUGA:Gampang! Begini Cara Berbagi Video YouTube di Snapchat, Cukup Manfaatkan Tombol ini!

Masih menurut Ma'ruf, pembangunan smelter kedua PTFI ini merupakan kebanggaan bangsa Indonesia.

Pasalnya smelter di Jawa Timur ini jadi smelter terbesar di dunia dengan mengolah konsentrat hingga 1.7 juta ton produk dari PTFI. Sedangkan PT Smelting sendiri, mampu mengolah 1,3 juta ton.

Sumber: berbagai sumber