Waspada! Mutasi Terbaru Covid-19: Varian R.1 Sudah Menyerang Amerika, Begini Ciri-Ciri dan Gejalanya yang Ditimbulkan

Waspada! Mutasi Terbaru Covid-19: Varian R.1 Sudah Menyerang Amerika, Begini Ciri-Ciri dan Gejalanya yang Ditimbulkan

Mengenal Penderita Long Covid-19 dan Cara Penanganannya--Ilustrasi by covid19.atrbpn.go.id

Menurut Charlene Brown, MD. Ph. D, dokter dan penasihan kesehatan masyarakat dari Everlywell, bahwa varian R.1 menyumbang kurang dari 0,5 persen kasus.

Selain itu, berdasarkan laporan mingguan morbiditas dan mortalitas April 2021 dari CDC, menunjukkan bahwa mutasi ini juga sangat berpengaruh di panti jompo Kentucky pada Maret 2021 lalu.

Disebutkan, bahwa ada 46 penduduk dan petugas kesehatan yang terinfeksi varian R.1 ini.

BACA JUGA:Komentar Amien Rais: Sengketa Tanah Antara Rocky Gerung Vs PT Sentul City Merupakan Kasus Gunung Es, Kenapa?

Lalu, soal apakah varian R.1 lebih menular dibanding Delta, para peneliti tampaknya masih perlu waktu untuk membuktikan lebih jauh.

"Saat ini memang belum terlihat sih, apakah varian R.1 ini akan lebih ganas menyebar sehingga mengalahkan daya sebar yang dimiliki Delta," kata Dr. Brown.

Tapi, masih menurut Dr. Brown, bisa juga lebih cepat menyebarnya jika dibanding varian lain. Pasalnya, menurut CDC, strain tampaknya memiliki mutasi D614G yang sekaligus menunjukkan bukti peningkatan penularan.

Namun, gejala varian R.1 tampaknya tidak unik atau baru, dibanding apa yang telah kita lihat dengan jenis Covid lainnya.

BACA JUGA:Kabar Terbaru: Video Ganjar Pranowo Live Wawancara di Rest Area Viral, Netizen Malah Komentari Bagian ini!

"Meskipun penyakit pernapasan cukup umum, banyak pasien yang datang dengan gejala gastrointestinal, neurologis, atau gejala lain (juga)," timpal J. Wes Ulm, M.D., Ph.D., dokter dan peneliti medis.

+++++

Disebutkan juga, bahwa sejauh ini tampak bahwa R.1 tidak berbeda secara substantif dalam kisaran tanda dan gejala dibandingkan dengan varian umum lainnya.

Seperti jenis Covid-19 lainnya, varian R.1 dapat bermanifestasi sebagai demam, kedinginan, batuk, sesak napas, kehilangan rasa dan/atau penciuman, sakit kepala, nyeri tubuh dan otot, serta diare atau muntah.

Lantas, bagaimana cara melindungi diri dari varian R.1?  "Orang yang tidak divaksinasi berada pada risiko terbesar jika terpapar varian Covid-19, termasuk varian R.1," sahut Dr. Brown.

BACA JUGA:Akibat Pendarahan Otak, Tukul Arwana Harus Dirawat di Rumah Sakit, Begini Ciri-Ciri dan Gejala yang Dialami

Sumber: berbagai sumber