Trending: Tagar #KiamatSudahDekat, Simak 6 Tanda-Tandanya Menurut Islam dan Melihat Kondisi Saat ini

Trending: Tagar #KiamatSudahDekat, Simak 6 Tanda-Tandanya Menurut Islam dan Melihat Kondisi Saat ini

Trending news, tagar #kiamatsudahdekat, cek 6 tandanya berikut ini--warung informasi


Trending news, tagar #kiamatsudahdekat, cek 6 tandanya berikut ini||warung informasi

Trendingnews.Id - Tetiba, di jagat dunia maya, khususnya di jalur sosial media Twitter, trending tagar #KiamatSudahDekat.

Hal itu gegara dipicu oleh unggahan sebuah video dari netizen di Sulawesi Selatan yang menyebut bahwa matahari terbit di sebelah utara.

Tak ayal, hal itu pun langsung mengundang reaksi warganet dengan berbagai komentar dan salah satunya soal tanda-tanda kiamat sudah dekat itu.

Benarkah kiamat sudah dekat? Tentu tidak ada seorang pun yang tahu, karena itu rahasia Allah SWT.

(BACA JUGA:Lonjakan Kasus Positif Covid-19 di DKI Jakarta Kian Mengerikan, Ferdinand Hutahaean: Bukan Cuma Pengen Nyindir, Tapi Ingin Jitak!)

Namun, dalam Islam memang disebutkan bahwa kiamat memang pasti akan datang, tentu hal itu bisa dilihat dari tanda-tanda yang muncul di dunia.  

Berikut ini, dihadirkan tanda-tanda hari kiamat berdasarkan hadis Rasullullah SAW seperti dikutip Trendingnews.id via kanal YouTube Islam Populer.

1. Banyak gempa bumi
Salah satu tanda-tanda hari kiamat, terindikasi lewat banyaknya gempa bumi. Hadis Rasullulah mengatakan:

"Tidak akan tiba hari Kiamat hingga banyak terjadi gempa bumi." (HR. Bukhari).

(BACA JUGA:Video Matahari Terbit di Sebelah Utara Ditanggapi BMKG Jelaskan Fenomena dan Fakta yang Sesungguhnya!)

2.  Banyak fitnah atau hoax
Bertebaran fitnah atau berita bohong merupakan pertanda kiamat sudah mendekat. Jabir ibn Samurah RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW mengatakan:

"Menjelang kiamat, akan muncul para pendusta. Waspadalah terhadap mereka." (HR. Muslim)

3. Banyak terjadi pembunuhan
Ketika banyak kasus pembunuhan terjadi, hal ini juga merupakan pertanda kiamat. Hal ini juga terdapat dari hadist Rasullullah SAW dari Abu Hurairah RA:

"Tidak akan terjadi kiamat, sehingga banyak terjadi haraj. Sahabat bertanya apa itu haraj ya Rasulullah? Rasulullah SAW menjawab, 'haraj adalah pembunuhan-pembunuhan" (HR Muslim)

(BACA JUGA:Hadir di 'Belantara' Jutaan Media Online, Koperzone.com Siap Suguhkan Informasi Akurat dan Menjadi Penerang Masyarakat!)

4.  Menyalahgunakan Amanah
Orang-orang yang dipercaya diberikan amanah namun menyia-nyiakannya termasuk tanda-tanda kiamat. Misalnya, tersandung kasus korupsi bukti bahwa pemimpin telah menyia-nyiakan amanahnya.

+++++

Hal ini dijelaskan hadis Rasulullah dari Jabir RA berkata:
"Bagaimana menyia-nyiakannya?" Rasullah SAW menjawab: "Jika urusan diserahkan kepada yang bukan ahlinya, maka tunggulah kiamat," (HR Bukhari).

5. Ilmu lenyap dari bumi
Ketika datangnya hari kiamat, ilmu-ilmu akan dilenyapkan oleh Allah SWT. Orang-orang akan tersesat, ulama-ulama akan meninggal dunia. Kitab Ash-Sahih dari Abdullah bin Amr Rasullullah bersabda:

"Sungguh, Allah tidak mencabut ilmu dari (hati) manusia dengan mengangkatnya ke langit, tapi ia mencabut ilmu melalui kematian ulama.

(BACA JUGA:Kapolri Listyo Sigit Prabowo Setuju Jalur Sepeda Permanen Dibongkar Sesuai Masukan Pimpinan Komisi III DPR RI, Segera Lakukan ini?)

Hingga ketika tidak ada lagi ada alim ulama seorang pun. Orang-orang mengangkat orang-orang jahil sebagai pemimpin.

Mereka kemudian ditanya, lalu mereka memberi fatwa tanpa ilmu. Mereka pun tersesat dan menyesatkan," (HR. Bukhari, Muslim dan Ibnu Majah)

6. Gunung di Mekah mulai berlubang
Tanda selanjutnya yakni gunung di Mekah mulai berlubang. Gunung-gunung di Mekah sudah berlubang dengan bukti banyak terowongan di Mekah.


Sumber: berbagai sumber